Pentingnya Verifikasi Penyedia pada LPSE


Verifikasi merupakan pintu gerbang yang harus dilewati penyedia untuk masuk ke sistem LPSE. Tujuan utama verifikasi adalah memastikan bahwa User ID dan Password diberikan kepada orang yang benar-benar mewakili perusahaan tersebut. LPSE mewajibkan direktur perusahaan atau yang mewakili, untuk hadir membawa berkas-berkas yang dipersyaratkan. Ada sebagian orang yang melihat ini bertentangan dengan konsep online dari eprocurement. Namun kehadiran fisik di kantor LPSE merupakan prosedur paling valid untuk mencegah penyalahgunaan di kemudian hari. Berikut ini ilustrasi jika pendaftaran dilakuan online 100 persen.

Seandainya Mr X mendaftar ke E-procurement Kementerian Pekerjaan Umum. Dia mengisikan NPWP Suatu Perusahaan di Indonesia alamat email dia pribadi, dan data-data yang ngawur. Menurut FAQ, pada pertanyaan nomor 5 dijelaskan bahwa:

Jika anda telah mengisi form isian tersebut dengan benar termasuk alamat e-mail pimpinan (pastikan alamat email tsb. benar dan masih aktif) ,maka akan langsung di kirim kode akses ke alamat e-mail tersebut.

Artinya, Mr X dapat menghalangi Perusahaan tersebut untuk mendaftar karena NPWP-nya telah terdaftar. Ini merupakan kesalahan yang fatal dan mendasar.  Pada saat mendaftar terdapat pernyataan sebagai berikut:

Menyatakan bahwa kami atas nama perusahaan sebagai penanggung jawab pengguna USER ID dan PASSWORD  pada Sistem Informasi Pelelangan PU-Net Departemen Pekerjaan Umum untuk keperluan perusahaan kami dengan mengikuti prosedur dan aturan yang telah ditetapkan.

Menyatakan bahwa kami atas nama perusahaan sebagai penanggung jawab pemohon USER ID dan PASSWORD pada Sistem Informasi Pelelangan PU-Net Departemen Pekerjaan Umum untuk keperluan perusahaan kami akan mengisikan data pada form pendaftaran yang telah disediakan dengan sebenar-benarnya, dan email Direktur Perusahaan yang kami isikan adalah email yang aktif dan bisa dipertanggungjawabkan untuk pengiriman USER ID dan Password yang sudah disetujui dan aktif. Demikian pernyataan ini kami setujui dengan sebenarnya dan apabila terjadi sesuatu atau penyalahgunaan USER ID dan PASSWORD yang mengakibatkan kerugian pihak lain, sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami dan kami bersedia dituntut sesuai aturan yang berlaku.

Meskipun Mr X melanggar ketentuant tersebut, prosesnya akan cukup panjang bagi Perusahaan tersebut untuk memproses secara hukum account yang digunakan.

Sumber : LPSE@blogdetik (dengan sedikit modifikasi)

Leave a comment

Filed under Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s